Ribuan Burung Ilegal Disita Balai Karantina
Befo, Bakauheni – Balai Barantina Bakauheni, Lampung, menyita ribuan burung cucok rowo dan cucok keling tanpa identitas. Burung-burung tersebut berasal dari Sumatera Selatan yang akan dikirim ke Jakarta dengan menggunakan bus antar provinsi berpenumpang.
1400 burung ini disimpan dalam kotak plastik berlubang dan dinaikkan oleh pemilik bus bersama dengan penumpang lain. Menurut keterangan kepala karantina Bakauheni, Azhar, sejumlah penumpang mengalami sesak napas akibat mereka duduk dalam bus bercampur dengan ribuan burung ilegal ini.
Ribuan burung ini dititipkan begitu saja oleh pemiliknya dengan membayar biaya antar kepada supir bus. Ketika diperiksa oleh polisi dan petugas karantina, burung-burung yang hendak diantar ke sebuah pasar burung di Rawa Mangun, Jakarta in, tidak memiliki dokumen kesehatan hewan, dan dokumen penjualan hewan antar daerah.
Puluhan burung yang disimpan dalam kotak ini juga banyak yang mati, akibat kekurangan oksigen dan kelelahan. Untuk sementara, bakai karantina Bakauheni, mengamankan burung-burung ini ke dalam kandang khusus, agar yang mati tidak bertambah banyak.
Selain disimpan dikandang, burung ini juga sebagian dilepas ke alam liar. Sementara burung lain akan menyusul dilepas setelah ribuan burung ini pulih dari stres akibat lama dalam perjalanan.
Burung jenis cucok ini merupakan yang terbanyak yang berhasil disita oleh balai karantina Bakauheni. Nilai ribuan burung ini dikasir hampir 20 juta rupiah. (aka)

Befo, Bakauheni – Petugas membawa kotak berisi ribuan buruk cucok rowo yang berhasil disita oleh Balai Karantina Bakauheni. Sabtu (08/11/14). (aka)
Befo, Bakauheni – Kepala Balai Karantina Bakauheni, Azhar (kiri) didampingi staf sedang memeriksa kondisi burung didalam kotak. Sabtu (08/11/14). (aka)

Befo, Bakauheni – Burung jenis cucok rowo dan cucok keling hasil sitaan balai karantina, diamankan dalam kandang khusus burung di areal Balai Karantina Bakauheni, Sabtu (08/11/14). (aka)

Befo, Bakauheni – Sejumlah burung cucok rowo dan cucok keling hasil sitaan balai karantina, terlihat lusuh dan kelelahan setelah menempuh perjalanan jauh, dari Sumatera Selatan. Sabtu (08/11/14). (aka) 
Befo, Bakauheni – Salah satu burung cucok rowo hasil sitaan balai karantina, ditemukan sudah tewas didalam box penyimpanan. Puluhan burung ini mati akibat kelelahan dan stress karena lama dalam perjalanan. Sabtu (08/11/14). (aka)
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Indomaret Kalianda Dirampok, 35 Juta Raib
Befo, Lampung Selatan – Sekawanan Perampok bersenjata, berhasil menggasak uang tunai puluhan juta…
Kherlani Serahkan Jabatan ke Zainudin – Nanang
Penjabat (Pj) Bupati Lampung Selatan H. Kherlani, SE, MM menyerahkan memori jabatan…
TKW Disiksa, Butuh Uluran Tangan
Befo, Lampung Selatan – Kondisi Rosita (40) Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang…
Lomba Burung Merpati Raih Simpati
Befo, Lampung Selatan – Perlombaan Burung Merpati balap yang digelar di lapangan…