IJTI Latih Siswa SMK Jadi Wartawan
Befo, Bandar Lampung – Ikatan Jurnlalis Televisi Pengurus daerah Lampung (IJTI), sabtu pagi kembali menggelar acara pengenalan dan pelatihan jurnalis televisi. Acara tersebut digelar di aula SMK BLK, Bandar Lampung. Pelatihan dunia jurnalis televisi kepada para siswa smk itu merupakan rangkaian kedua dari sejumah kegiatan IJTI pengda Lompung. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 48 siswa SMK BLK bandar Lampung, kelas X dan XI jurusan multimedia.

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Ketua IJTI Pengda Lampung, Febriyanto Ponahan dan Kepala Sekolah SMK BLK Bandar Lampung, Drs. Tarman Jupani. Dalam sambutanya, Ketua IJTI Pengda Lampung mengatakan seluruh pelajar yang mengikut pelatihan ini bisa menjadi seorang jurnalis televisi. Terlebih, di SMK BLK ini memiliki jurusan multimedia yang menjadi dasar Jurnalistik. “Dalam pelatihan ini, para pelajar mendapatkan materi dasar-dasar penulisan berita, komposisi pengambilan gambar, tehnik dasar membacakan berita, dan pengeditan video berita,” jelasnya. 

Ditambahkan Febri, materi-materi yang diberikan ini merupakan proses pembuatan berita mulai dari peliputan hingga sebuah berita tayang di televisi. “Pelatihan ini bertujuan mengenalkan dunia jurnalis atau broadcast sejak dini di mulai dari tingkat pelajar,” paparnya. Wartawan Antv wilayah Lampung ini berharap kepada para pelajar bahwa profesi jurnalis adalah pilihan, dan bukan alternatif saat mencari kerja. “Jika seseorang bercita cita menjadi jurnalis, maka dirinya dipastikan akan menjadi sosok jurnalis yang handal, profesional dan bertanggung jawab, begitupun sebaliknya”, ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMK BLK Bandar Lampung, Drs. Tarman Jupani, mengatakan pihak sekolah menyambut baik pelatihan yang diselenggaran oleh IJTI disekolah ini. Terlebih, organisasi IJTI memiliki lisensi yang resmi berpusat di Jakarta dan sangat konsisten dalam mencerdaskan dunia jurnalistik. Ditambahkan Tarman, para siswa tidak hanya mendapatkan materi tentang jurnalistik televisi, tetapi juga langsung mempraktekkannya. Terlebih, mata pelajaran multimedia menjadi salah satu studi unggulan di sekolah ini. 
Sebelumnya puluhan siswa jurusan multimedia ini sangat antusias ketika melakukan kunjungan ke kantor redaksi Antv yang berada di Jakarta. Meski pelatihan ini dilakukan secara singkat, namun kepala sekolah berharap agar para siswa serius menyerap dan mempraktekkan semua materi yang diberikan. “Rencananya pihak sekolah akan meminta bantuan kepada IJTI Pengda Lampung, untuk mendidik dan membimbing 25 orang siswa dalam kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dunia jurnalistik pada awal tahun depan,” tutupnya. (aka)

 Befo, Bandar Lampung – Siswa SMK BLK sedang praktek wawancara nara sumber. Sabtu (25/10/14)

Befo, Bandar Lampung – Pemred Radartv, Jefri Ardi (tengah) sedang memberi materi soal presenter televisi. Sabtu (25/10/14)

Befo, Bandar Lampung – Siswa SMK BLK sedang praktek pembuatan berita televisi. Sabtu (25/10/14)

Befo, Bandar Lampung – Anggota IJTI Lampung, Very Noviyanto (tengah) sedang memberi materi editing gambar video televisi. Sabtu (25/10/14)
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Indomaret Kalianda Dirampok, 35 Juta Raib
Befo, Lampung Selatan – Sekawanan Perampok bersenjata, berhasil menggasak uang tunai puluhan juta…
Kherlani Serahkan Jabatan ke Zainudin – Nanang
Penjabat (Pj) Bupati Lampung Selatan H. Kherlani, SE, MM menyerahkan memori jabatan…
TKW Disiksa, Butuh Uluran Tangan
Befo, Lampung Selatan – Kondisi Rosita (40) Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang…
Lomba Burung Merpati Raih Simpati
Befo, Lampung Selatan – Perlombaan Burung Merpati balap yang digelar di lapangan…